KKN UIN KHAS Jember Bersama Pemdes Gayam Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Gayam, Kecamatan Botolinggo mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan.

Kegiatan dilakukan di balai desa gayam anjangsana ke rumah warga. Acara ini merupakan bagian dari program KKN mahasiswa UIN KHAS Jember yang dimotori oleh Sekdes Gayam dengan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tiga aspek penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Gayam, sekdes, perangkat desa, serta tokoh masyarakat dan agama setempat.

Pj. Kepala Desa Gayam, Daryanto Adi Siswoyo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa KKN UIN KHAS Jember atas inisiatif mereka untuk menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA :
Ribuan Paket Sembako Didistribukan ke Warga Korban Gempa Kebupaten Cianjur, Oleh Polres Bondowoso

“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan waktu dan tenaga mereka untuk membantu masyarakat Desa Gayam. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan,” ujarnya. Kamis (18/7/24).

Ditempat yang sama, Sekdes Gayam selaku penggerak kegiatan menyampaikan tahapan kegiatan yaitu pada Sesi pertama sosialisasi berfokus pada pendidikan, di mana para mahasiswa KKN menjelaskan pentingnya pendidikan formal dan non-formal. Mereka juga mengajak para orang tua untuk lebih aktif dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka dan memastikan mereka mendapatkan akses ke pendidikan yang layak.

BACA JUGA :
H.M Nasim Khan bersama H. Ahmad Dhafir berikan sumbangan pada korban kebakaran di Desa Besuk

Sesi kedua membahas tentang keagamaan. Dalam sesi ini, para mahasiswa mengajak masyarakat untuk memperkuat iman dan takwa, serta pentingnya mengajarkan nilai-nilai keagamaan sejak dini kepada anak-anak.

Mereka juga mengingatkan pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam menciptakan kedamaian dan keharmonisan di masyarakat.

Sesi terakhir membahas tentang kemasyarakatan. Mahasiswa KKN menekankan pentingnya gotong royong, solidaritas, dan partisipasi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan untuk membangun desa yang lebih baik, jelas Abdul Wafi.

Wafi sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa Para mahasiswa KKN UIN KHAS Jember juga memberikan contoh-contoh konkret bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam pembangunan desa.

BACA JUGA :
Bidokkes Polres Bondowoso Bekerjasama Dengan Taman Pendidikan Al Qur'an Giat Khitan Massal

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Gayam dapat lebih memahami dan menerapkan pentingnya pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat bekerja sama untuk membangun desa yang lebih maju dan sejahtera,” pungkas Sekdes Gayam yang selalu tampil keren.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana masyarakat dapat bertanya langsung kepada para mahasiswa mengenai topik-topik yang telah dibahas. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang terjadi selama sesi ini.