Pawai Budaya Kecamatan Prajekan, Mempersembahkan Keragaman Adat Nusantara

filter: 0; fileterIntensity: 0.0; filterMask: 0; module: j; hw-remosaic: 0; touch: (-1.0, -1.0); modeInfo: ; sceneMode: SFHDR; cct_value: 0; AI_Scene: (-1, -1); aec_lux: 125.30235; hist255: 0.0; hist252~255: 0.0; hist0~15: 0.0;
banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Pemerintah Kecamatan Prajekan, Kabupaten Situbondo kembali menggelar Pawai Budaya dalam rangka meriahkan HUT RI ke 79 tahun 2024, peserta menampilkan beragam kebudayaan dan adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelajar, perwakilan desa, serta komunitas seni dan budaya yang ada di Kecamatan Prajekan. Dengan tema “Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai Budaya”, pawai budaya ini menampilkan lebih dari 20 kelompok peserta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Bali.

BACA JUGA :
Bedah Rumah, Satgas TMMD 116 Bondowoso dan Warga Kompak Pasang Genting

Setiap kelompok peserta juga membawakan tarian tradisional, musik daerah, dan simbol-simbol adat yang memperkaya keragaman budaya di tanah air.

Pawai dimulai pukul 10.00 WIB dari perumahan mangga 5 dan berjalan melewati rute jalan raya Prajekan, disaksikan oleh ribuan warga yang antusias memadati pinggir jalan.

BACA JUGA :
KPH Bondowoso, Laksanakan MoU Dengan CV Rumah Kita

Tidak hanya masyarakat lokal, pawai ini juga menarik minat pengunjung dari luar daerah yang ingin menyaksikan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia yang ditampilkan dalam pawai ini.

Camat Prajekan, Denny Indra Pratama mengatakan bahwa pawai budaya dalam rangka meriahkan HUT RI ke 79 tahun 2024 dan merupakan wujud nyata untuk melestarikan dan memperkenalkan warisan budaya Indonesia kepada generasi muda.

“Melalui pawai budaya ini, kita tidak hanya merayakan keragaman budaya bangsa, tetapi juga mempererat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan,” ujarnya.

BACA JUGA :
Kapolres Bondowoso Turut Hadir Dalam Kegiatan Khotmil Qur'an di Gedung Graha PBNU

Ditempat yang sama, Sekcam Prajekan, Taufan juga mengatakan bahwa terselenggaranya pawai budaya berkat dukungan semua pihak, TNI POLRI, Dinas Pendidikan, Sekolah-sekolah, jajaran Kepala Desa serta para tokoh kecamatan Prajekan.

“Acara ini diharapkan dapat terus menjadi agenda tahunan yang mampu menginspirasi dan memperkuat kebanggaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Suwaris