TNI  

Babinsa Koramil Wringin bersama Warga Kampung Pancasila Rawat Toga

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id
Anggota Koramil 0822/05 Wringin dan Posramil 0822/05 Pakem melaksanakan kegiatan penanaman dan perawatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Kampung Pancasila, Perum PBI Kelurahan Nangkaan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Sabtu (20/07/2024).

Peltu Agus S. mengatakan, “Tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional.

Menurut Danpos Pakem, seiring berjalannya waktu di mana obat-obatan mahal untuk dibeli, masyarakat terdorong kembali menggunakan obat-obat tradisional yang boleh dikatakan bebas dari komponen bahan-bahan kimia yang memungkinkan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Launching Kampung Pancasila di Dua Lokasi Kabupaten Bondowoso

“Tujuannya adalah untuk memudahkan Masyarakat mencari obat-obatan dalam keadaan genting dan gawat serta program Toga ini sebagai antisipasi pencegahan awal apabila ada keadaan genting seperti luka dengan menggunakan Toga yang sudah ada tadi,” ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada warga binaan untuk membudidayakan tanaman obat guna melindungi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

BACA JUGA :
Tembok Kampung Pancasila di Cat Babinsa Kodim 0822 Bondowoso

Secara terpisah Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., mengatakan, “Budidaya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara Individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan Keluarga.

“Sebenarnya menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah pola hidup yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu,” kata Dandim.

BACA JUGA :
Kodim 0822 Lahirkan Kampung Pancasila di Kabupaten Bondowoso

Ditambahkannya, kegiatan ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang ada disekitar untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia,” tutup Dandim 0822.(Pendim0822).