TNI  

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Upacara, Peringatan Hari Bela Negara Ke-75

banner 468x60

Bondowoso, SIBERNUSANTARA.CO.ID – Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Kodim 0822 Bondowoso menggelar upacara dalam rangka memperingati hari Bela Negara Ke-75 tahun 2023 di Lapangan Upacara Makodim Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Selasa (19/12/2023).

BACA JUGA :
Posramil 0822/15 Ijen dapat kejutan dari Camat dan Polsek

Pada peringatan Hari Bela Negara Ke-75 kali ini mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”.

Hari Bela Negara merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 0822/16 Cermee Kapten Inf Surakno selaku Inspektur upacara juga membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

BACA JUGA :
Babinsa Koramil 0822/01 Bondowoso Laksanakan PAM Gereja Perayaan Ibadah Natal 2023

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa bela negara bukan hanya tanggung jawab pertahanan melainkan semua elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ujarnya.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” terangnya.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Hadiri Rapat Paripurna Persetujuan Penetapan Raperda APBD Kab. Bondowoso

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,”pungkasnya. (Pendim0822).