Berita  

Meriahkan HUT RI ke-79, Pemdes Gayam Kidul bersama KKN UIN KHAS Jember Gelar Pawai Budaya

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, ratusan warga Desa Gayam Kidul Kecamatan Botolinggo dengan penuh semangat mengikuti pawai budaya.

Pawai budaya yang berlangsung meriah ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, yang semuanya antusias mengenakan kostum tradisional khas daerah masing-masing.

Sekdes Gayam Kidul, Abdul Wafi menjelaskan Kegiatan pawai budaya dimulai dari Balai Desa Gayam Kidul dan berkeliling melewati jalan-jalan utama desa dikawal oleh TNI POLRI Satpol PP dan juga KKN UIN KHAS Jember.
Sepanjang rute pawai, warga berkumpul di pinggir jalan untuk menyaksikan dan memberikan dukungan kepada para peserta.

BACA JUGA :
Bersama Wabup Bondowoso, Babinsa Koramil Wringin Jalin Silaturrahmi dengan Masyarakat

“Kegiatan pawai budaya merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT RI Ke 79 tahun 2024 yang diadakan di Desa Gayam Kidul. Setiap Dusun mengeluarkan Timnya masing-masing. Tim sekolah juga mengeluarkan mulai tingkat TK, SD hingga SMP satu atap,” jelas Abdul Wafi pada media, Minggu (11/8/24).

Menurutnya, peserta pawai masing-masing tim menampilkan berbagai kesenian tradisional, seperti tari-tarian, musik tradisional, serta atraksi unik yang mencerminkan keragaman budaya Indonesia.

“Pawai ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar warga sekaligus mengenalkan budaya kepada generasi muda dan Perlu diketahui Pemdes Gayam Kidul dan KKN UIN KHAS Jember sudah menyiapkan hadiah menarik untuk pemenang pawai ini,” ucap Sekdes Gayam Kidul.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Bondowoso Sambangi Rumah Penginapan Satgas TMMD 116

Penjabat (Pj) Kepala Desa Gayam Kidul, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga, TNI POLRI, Satpol PP dan juga adik-adik KKN UIN KHAS Jember telah berpartisipasi
meriahkan HUT RI ke 79 tahun 2024.

“Semoga semangat kemerdekaan ini terus menginspirasi kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta melestarikan budaya kita,” ungkap Daryanto Adi Siswoyo.

“Alhamdulillah, Pawai budaya pada peringatan HUT RI ke-79 di Desa Gayam Kidul ini berlangsung meriah, penuh semangat dan kebersamaan, ini menunjukkan bahwa semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap budaya lokal masih terjaga di tengah masyarakat,” tutur Daryanto pak Yo.

BACA JUGA :
Gerak Cepat Polsek Grujugan Bondowoso Bantu Warga yang Terkena Serangan Jantung

Camat Botolinggo, Feri Hadi Sucipto saat melepas peserta pawai budaya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat, Pemdes Gayam Kidul dan semua Intansi terkait ikut serta meriahkan dan menjaga ketertiban di jalan untuk peserta pawai budaya.

“Kami atas nama, Pemerintah Kecamatan Botolinggo, mengucapkan selamat HUT RI Ke 79, Nusantara Baru, Indonesia Maju,” ucapnya Feri.

“Kami sangat bangga, Masyarakat Gayam Kidul Kompak mengikuti pawai budaya ini. Selain untuk merayakan HUT RI Ke 79, acara ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya tradisional warisan dari nenek moyang,” pungkas Camat Botolinggo.