TNI  

Dialog interaktif, Kasdim 0822 Bondowoso Soroti Pentingnya Kampung Pancasila dalam Penguatan Nasionalisme

banner 468x60

JEMBER, Siber Nusantara.co.id

Selasa pagi, 6 Agustus 2024, LPP RRI Jember menjadi saksi dari sebuah acara yang menggugah semangat kebangsaan. Bertempat di Jl. Letjen Panjaitan No. 61, Kelurahan Sumbersari, kegiatan siaran interaktif dengan tema “Penguatan Nasionalisme Melalui Kampung Pancasila” dilaksanakan dengan penuh semangat.

Acara yang dipandu oleh Jhoe F., penyiar Radio RRI Jember, menghadirkan narasumber utama Mayor Inf Tanuri, Kasdim 0822 Bondowoso, dan Nining, Sekretaris Bakesbangpol Bondowoso.

Dalam dialog interaktif tersebut, Mayor Inf Tanuri menekankan pentingnya mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. “Upaya ini adalah untuk menciptakan kehidupan yang nyaman, penuh kekeluargaan, saling hormat-menghormati, dan gotong royong,” ujar Mayor Tanuri.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Bondowoso Hadiri Pengibaran Bendera di Kawah Wurung

Kasdim 0822 Bondowoso juga menyoroti peran penting semua perangkat daerah, termasuk TNI-Polri, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dalam menciptakan Kampung Pancasila yang tangguh. “Sinergi dari semua pihak diperlukan agar kampung dapat mengakomodir segala bentuk kebutuhan masyarakat, terutama dalam hal pembinaan yang meliputi kebencanaan dan keamanan,” tambahnya.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Berikan Wasbang Kepada CPNS Kejari Bondowoso

Di Kabupaten Bondowoso sendiri, telah ditetapkan delapan titik Kampung Pancasila, termasuk Kelurahan Nangkaan, Kelurahan Tegalampel, Desa Sumbersalak, Desa Tapen, Desa Botolinggo, dan Kelurahan Kotakulon. Kampung Pancasila di Kelurahan Nangkaan baru saja dikukuhkan oleh Pj Bupati Bondowoso, Muhamad Hadi Wawan Guntoro, pada 13 Agustus 2024.

Selain itu, upaya penguatan nasionalisme juga dilakukan melalui pemberian wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. “Dengan pemberian materi wawasan kebangsaan, diharapkan dapat memperkuat karakter dan semangat kebangsaan pada jati diri siswa untuk menyongsong Indonesia Emas yang lebih maju,” tutur Nining.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Bondowoso Beri Pelatihan Kepemimpinan pada Aparatur Desa se-Jawa Timur di Malang

Kasdim 0822 Bondowoso, Mayor Inf Tanuri, menegaskan komitmen Kodim dalam mendukung penuh terbentuknya Kampung Pancasila. “Kami berharap, kegiatan ini akan melahirkan generasi Pancasilais yang kuat dan mampu bersaing di kancah internasional,” pungkasnya.

Kegiatan Penguatan Nasionalisme Melalui Kampung Pancasila adalah langkah penting dalam membentuk masyarakat yang berkarakter, berpengetahuan, dan bersikap positif demi masa depan bangsa yang gemilang. (Pendim0822).