TNI  

Sebagai Narasumber, Kasdim 0822 Bondowoso Hadiri Rakor Binwasgar Pemdes Tahun 2024

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Mewakili Dandim 0822 Bondowoso Kasdim Mayor Inf Tanuri menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2024 dengan tema “Meningkatkan Sinergitas dan Kolaborasi dalam Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa” bertempat di Pendopo Raden Bagus Asra Bondowoso Jl.Letnan Karsono No.02 Kel.Blindungan Kec/Kab.Bondowoso, Kamis (1/8/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati Bondowoso Muhammad Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.SI., Kasdim 0822 Bondowoso Mayor Inf Tanuri, Kasatreskrim Polres Bondowoso AKP Joko Santoso S.Sos M.H., Pj.Sekda Bondowoso Haeriyah Yuliati S. Sos, M.M., Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bondowoso Adi Harsanto,S.H,M.H.
, Kepala Inspektorat Bondowoso Ahmad S.H,Cg,Ca.e)., Jajaran Kepala OPD Kabupaten Bondowoso dan Jajaran Camat se Kabupaten Bondowoso serta Jajaran Kades dan Operator desa Se Kabupaten Bondowoso.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Bondowoso Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Dalam kegiatan sebagai narasumber Kasdim 0822 menyampaikan inti materi yaitu:

1). Kami disini hanya bersifat menghimbau agar Sinergis antara kita tetap terjaga, pada era Orde Baru tahun 1998 pembinaan desa kita rasakan sangat nyata antara lain adalah gotong royong dan pada saat ini kita menghadapi era globalisasi yang kita rasakan sangat berbeda karena sulitnya peran masyarakat untuk mendukung kegiatan yang ada secara bersama-sama, untuk itu ini menjadi evaluasi kepada semua kepala desa untuk kiat menumbuhkan kembali semangat gotong royong salah satunya dengan memberi Wawasan Kebangsaan juga untuk menjaga Abad Masyarakat.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Hadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Bondowoso

2). Pemerintah Desa memiliki peranan penting salah satunya menjaga keamanan Desa melalui Siskamling yang saat ini juga sudah mengalami degradasi karena status Sosial, juga potensi desa dapat menjadi Sumber Penghasilan bagi Warga apabila di kelola untuk pendapatan desa. Saat ini TNI sedang melaksanakan kegiatan Kampung Pancasila sebagai program cinta tanah air serta Bela Negara dan juga Program Pompanisasi kepala kelompok tani sebagai upaya dalam rangka ketahanan Pangan.

BACA JUGA :
Mayor Inf Tanuri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada Bondowoso Tahun 2024

3). Pembangunan SDM desa yang berkelanjutan juga tidak kalah penting melalui pelatihan-pelatihan Bencana alam apalagi menjadi globalisasi kita harus menjaga nilai-nilai Kebangsaan agar budaya dan rasa toleransi antar sesama tetap terjaga dan ini adalah tantangan kita bersama.

Bahwa Rakor kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2024 tema “Meningkatkan Sinergitas dan Kolaborasi dalam Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa bertujuan mengoptimalkan kinerja kepala Desa dan transparansi pengelolaan dana di desa serta sebagai ajang Silaturahmi seluruh elemen pimpinan Kabupaten Bondowoso. (Pendim0822).