TNI  

Kodim 0822 Lahirkan Kampung Pancasila di Kabupaten Bondowoso

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Kodim 0822/Bondowoso dibawah komando Dandim Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr. Hanla., melahirkan Kampung Pancasila di Kabupaten Bondowoso tepatnya di Lingkungan Perum PBI Rw. 05 Kelurahan Nangkaan Kecamatan/Kabupaten Bondowoso, Sabtu (20/07/2024).

Lahirnya Kampung Pancasila khususnya di wilayah teritorial Kodim 0822/Bondowoso dilombakan di KASAD AWARD dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., tentang penguatan pembinaan ideologi Pancasila baik di internal TNI AD maupun eksternal (Masyarakat) yang mana hal itu juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kodim-Kodim Se-Indonesia.

BACA JUGA :
Babinsa Koramil 0822/11 Tapen Bondowoso Suport Kesenian Daerah

Dalam hal itu, pemilihan Lingkungan Perum PBI Nangkaan jadi Kampung Pancasila oleh Kodim 0822/Bondowoso melihat dari kemajemukan warganya yang berdomisili dilingkungan tersebut. Dimana rumah ibadah seperti Masjid, Gereja dan Pura saling berdekatan dan masing-masing ummatnya hidup berdampingan dan rukun.

Kampung Pancasila nantinya sebagai Kampung yang dapat 1. Melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. 2. Menciptakan kerukunan terhadap ummat beragama. 3. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. 4. Mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama. 5. Mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun dan berbudaya dan 6. Menjadi pilot projection atau contoh bagi lingkungan dan dusun yang lain khususnya di wilayah teritorial Kodim 0822/Bondowoso.

BACA JUGA :
Babinsa Koramil 0822/14 Latih PBB SMAN 1 Prajekan

Harapannya, dengan terbentuknya kampung Pancasila dapat memelihara nilai Pancasila tumbuh dan berkembang. Serta dapat menjaga rasa persatuan dengan baik. Seperti, menegakan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara dengan contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

BACA JUGA :
Majelis Alfatih Indonesia dan AUTADA Gelar Munajat Kebangsaan

Sikap toleransi antar ummat beragama, hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku dan ras, serta terjalin kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai kampung Pancasila,” pungkas Letkol Arm Suhendra. (Pendim0822).