Wujudkan Pemilu Berintegritas, PPK Botolinggo Gelar Bimtek KPPS

banner 468x60

Bondowoso, Siber Nusantara.co.id

Dalam rangka wujudkan Pemilu 2024 yang berintegritas, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Botolinggo gelar Bimbingan Tehnis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Wilayahnya, selama 3 hari mulai tanggal 25, 26, 27 Januari 2024 bertempat di Balai Desa masing-masing .

Bimbingan teknis atau disebut bimtek adalah suatu kegiatan di mana para peserta diberi pelatihan-pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta yang di mana materi yang diberikan sesuai dengan tema bimtek tersebut.

BACA JUGA :
Ketua PPK Botolinggo "KPPS yang dilantik bekerja profesional"

“PPK Botolinggo melakukan bimtek kepada KPPS, yang meliputi 8 Desa. Bimtek dilakukan selama 3 hari, dibagi menjadi 3 sesi, Pagi, Siang dan malam. Mulai Tanggal 25 hingga 27 Februari 2024” ucap Ketua PPK Botolinggo, Sidik Al Qomar pada media.

Menurutnya, Bimtek merupakan bagian penting dalam pembentukan anggota KPPS pada Pemilu 2024. Terkait pelaksanaan bimtek KPPS Pemilu 2024 diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA :
Ketua PPK Botolinggo "KPPS yang dilantik bekerja profesional"

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan bimbingan teknis kepada 7 orang Anggota KPPS, berbeda dengan pemilu pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimtek untuk 1 orang anggota KPPS.

“Semua anggota KPPS dalam bekerja harus berpedoman kepada ketentuan peraturan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab, dan transparan” jelas Ketua PPK Botolinggo yang akrab dipanggil Omar.

BACA JUGA :
Ketua PPK Botolinggo "KPPS yang dilantik bekerja profesional"

Omar berharap, setelah di lakukan Bimtek 3 Hari oleh PPK Botolinggo, selanjutnya ada tindak lanjut dari PPS masing masing Desa. Sehingga diketahui KPPS mana saja yang belum begitu paham terkait Pemungutan dan penghitungan Suara.

“Kami siap turun mendampingi PPS untuk turun ke TPS-TPS untuk memantapkan KPPS, melakukan Bimtek Lanjutan” pungkas Omar.